I PENDAHULUAN
1 Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih dan terus berkembang dengan pesat. Terknologi berkembang di seluruh dunia ini, mulai dari benua Asia, Amerika, Australia, Eropa dan Afrika. Oleh karena itu hampir semua penduduk dunia zaman ini menggunakan alatalat teknologi yang canggih, khususnya dalam bidang komunikasi seperti telepon seluler atau gadget lainnya. Dengan alat komunikasi atau gadget-gadget tersebut, manusia pada zaman ini tidak hanya bisa sekedar menggunakannya sebagai sarana alat komunikasi saja, seperti melakukan panggilan atau sms melainkan bisa surfing di dunia maya menggunakan browser yang ada. Selain itu manusia bisa menggunakan alat komunikasi atau gadget yang mereka miliki dengan hal lainnya seperti bermain game, menonton tv, membaca buku, mendengar musik, menonton video, dan lainlain.
Salah satu gadget atau alat komunikasi yang sedang berkembang dengan pesat di pasaran pada saat ini adalah ponsel yang memiliki System Operasi Android. Beberapa brand telepon selular seperti Samsung, Motorola dan Sony Ericson mengeluarkan beberapa ponsel dengan System Operasi Android didalamnya. Oleh karena itu, sekarang ini Android sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Mulai dari kelas menengah kebawah sampai dengan kelas menengah keatas. Ada begitu banyak aplikasi yang bisa manusia gunakan dengan alat komunikasi atau gadget yang mereka miliki. Khususnya bagi kalangan Advent, sangat dibutuhkan aplikasiaplikasi yang dapat digunakan guna melancarkan acara perbaktian gereja. Sebut saja SDA Hymnal, Lagu Sion, Alkitab, Advent Youth Sing, Bacaan Mission, Sekolah Sabat dan lain-lain. Tetapi tidak semua aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita dapatkan pada alat komunikasi atau gadget yang kita miliki. Khusunya aplikasi yang berbahasa Indonesia sangat jarang ditemukan.
Selain itu, adapun maksud dan tujuan penulis adalah ingin membantu masyarakat khususnya kalangan Advent yang tidak dapat belajar Sekolah Sabat berbahasa Indonesia oleh karena tidak berada di Negara Indonesia (berada di luar negeri) atau membantu masyarakat agar lebih efisien dalam berbakti di gereja dengan menggunakan Sekolah Sabat yang ada di dalam gadget atau alat komunikasi yang mereka miliki, serta juga membantu masyarakat yang berada di luar jangkauan (berada di hutan atau pelosok yang tidak memungkinkan) agar tetap dapat membaca Sekolah Sabat.
Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah aplikasi berupa Sekolah Sabat Virtual berbahasa Indonesia pada Android dimana yang nantinya aplikasi ini dapat berguna bagi seluruh umat Kristen Advent di seluruh dunia yang ingin membaca Sekolah Sabat dalam bahasa Indonesia di telepon genggam yang memiliki sistem operasi Android. Sehingga, pengguna bisa membaca Sekolah Sabat dalam Bahasa Indonesia dimanapun dan kapan pun. Oleh karena itu, berdasarkan latar belakang tersebut penulis memberi judul skripsi
“Perancangan dan Implementasi Aplikasi Sekolah Sabat Berbahasa Indonesia pada Android”.
2. Rumusan Masalah
Untuk merumuskan masalah ini, maka penulis akan mengemukakan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan latar belakang yang telah disebutkan tadi diatas, seperti berikut ini:
- Bagaimana cara agar seluruh umat Kristen Advent di seluruh dunia dapat membaca Sekolah Sabat dengan menggunakan bahasa Indonesia?
- Bagaimana sistem dapat menampilkan pelajaran Sekolah Sabat supaya terlihat jelas dan mudah dimengerti?
3. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah untuk merancang dan mengaplikasikan sebuah sistem dengan menggunakan fasilitas alat komunikasi (handphone) yang berbasis Android adalah sebagai berikut:
- Untuk membuat sebuah aplikasi dimanamanusia di seluruh dunia dapat belajar Sekolah Sabat berbahasa Indonesia.
- Menyediakan sebuah sistem untuk membantu melancarkan acara perbaktian.
4. Batasan Masalah
Berdasarkan permasalahan diatas, maka batasan masalah pada skripsi ini adalah sebagai berikut :
- Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan(program JAVA)
- Aplikasi ini akan diupdate secara manual setiap minggu.
- Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada handphone berbasis Android.
- Pada aplikasi ini tidak ada pilihan bahasa.
- Aplikasi ini tidak memiliki link ke Alkitab.
- Pengguna hanya bisa membaca pelajaran Sekolah Sabat saja.
II. LANDASAN TEORI
2.1 Android
Android pada mulanya adalah perusahaan kecil yang berbasis di Palo Alto, California. Perusahaan yang bernama Android, Inc ini kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Beberapa orang yang masuk di sana pernah bekerja di Google seperti Andy Rubin, pendiri Danger (Perusahaan Perangkat Lunak), Rich Miner wakil pendiri Wilfire Communications, Chris White insinyur di web.tv dan Nick Sears mantan VP (Vice President) di T-Mobile.
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android termasuk sistem operasi yang cepat sekali memperbarui software mereka.
Android Froyo (Frozen Yoghurt) versi
2.2 Android Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Pastinya versi ini memiliki performa, memori, dan kecepatan yang lebih tinggi. Disediakan pula fitur untuk menon-aktifkan paket data yang memungkinkan kita yang masih remaja menghemat pulsa dalam penggunaan Android karena memang OS Android membutuhkan koneksi terus-menerus yang menguras pulsa. Yang membuat versi ini berbeda dari versi sebelumnya adalah kemampuan untuk melakukan Tethering, dimana gadget Android kita dapat dijadikan hotspot Wi-Fi! Mayoritas handphone Android sekarang menggunakan versi ini khususnya Samsung Galaxy Series.
2.2 Smartphone
Telepon cerdas (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon. (Wikipedia, 2013 : -)
2.3 J2ME
J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektonik beserta perangkat pendukungnya. J2ME membawa Java kedunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktopyang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada ponsel, peger, PDA dan sejenisnya. (Salahuddin, Rosa A.S, 2008:5).
J2ME merupakana kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut Java API (application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didisain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang yang terbatas. Kombinasi tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan diatas alat (dalam hal ini mobile device).
2.4 Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasiaplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam pcode (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). (Intan, 2012 : 4)
2.5 Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
- Multi-platform:Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HPUX dan Mac OS X.
- Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, sepertiC/C++, Cobol,Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
- Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya. (Wikipedia, 2013)
III. ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
3.1 Perangkat Keras Pendukung Penelitian
Adapun spesifikasi perangkat yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
- Processor : Intel® Core™ 2 Duo CPU T6600 @2.20GHz
- Memory (RAM) : 2.00 GB
- Hard disk : 320 GB
- System Type : 32-bit Operating System
- VGA Card
3.2 Perangkat Lunak Pendukung Penelitian
Adapun perangkat lunak (software) yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
- System Operation Windows 7 Ultimate Edition
- Android Software Development Kit (SDK)
- Java 2 SDK
- PHP My Admin
- Eclipse Indigo
- Android Emulator
3.3 Perancangan Sistem
3.3.1 Use Case
Use Case merupakan deskripsi dari sekumpulan aksi sekuensial yang ditampilkan sistem dan diperlihatkan dari nilai ke aktor khusus. Tahapan yang akan dilakukan dijabarkan seperti berikut ini: Aktor yang terdapat dalam sistem ini adalah:
- Administrator (Admin) : Mempunyai hak akses untuk menginput, mengedit, mengupdate dan menghapus isi Sekolah Sabat.
- User (Pengguna) : Mempunyai hak untuk membaca isi Sekolah Sabat.




0 comments:
Posting Komentar