Pengertian dalam Komputer

Jumat, 02 Oktober 2015

Definsi Komputer
Pada awalnya kata compute tidak diartikan sebagai alat prpses, tetapi diartikan sebagai pekerjaan seseorang yaitu tukang hitung. Saat ini, persepi orang tentang computer adalah alat yang fungsinya sebagai berikut :
  1. Mengelola data (Process)
  2. Menyimpan data(Store)
  3. Memindahkan data dari ke computer kea lat lain (Move)
  4. Mengendalikan 3 operasi di atas (Control).
  5. Atau diringkas dengan : Process, Store, Move, dan Control.
Bagian fungsi computer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Gambar dari bagan Funsi computer :



















Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa computer memerlukan sumber data untuk proses. Kemudian hasil prosesnya akan dikembalikan keluar computer. Misalnya data gambar dan pergerakan awal proses kemudian di keluarkan berupa laporan analisa ramalan cuaca..

Ada istilah garbage in garbage out,  masuk sampah, keluar sampah, maksutnya adalah data yang di masukkan ke dalam komputer harus data yang berguna, bukan data sampah , sebaik apapun proses yang akan dilakukan komputer , tidak akan bermanfaat untuk jika data yang diumpan ke komputer berupa data sampah, banyaknya, jika orang menggunakan winword, tapi yang diketik adalah tulisan berikut ''fasdifjkjk hsjfdsh7365 fiuifhfodfg''. Kecuali jika tulisantersebut merupakan data hasil proses sandi, Tulisan itu tidak bisa diolah untuk sesuatu yang berarti.

Data Movenent Faicility Merupakan alat Transfer sekaligus alat konversi antara komputer dengan dunia luar komputer, misalnya : Manusia, alam, alat lain berupa kamera, mesin, telepon dan lain-lain. contoh alat konfersi misalnya kamera digital, alat ini mengubah cahaya pemandangan menjadi data biner.

Data Movenent Facility Merupakan sasaran pegolahan data yang terdiri darisatu atau lebih Mikrosesor dan satu set sistem Memory. Sedangkan data Data Storage Facility Merupakan sarana penyimpanan untuk jangka panjang, bukan penyimpanan data semeentara seperti register dan memrory. Contoh alat penrimpanan data  jangka panjang ini adalah Floppy Disk, Hard Disc, Compach, Flash Disc, Mangnetic Tape dan lain sebagainya.

Control Mechansim atau mekanisme kendali direalisasikan dalam bentuk program komputer atau soffware. Semua proses yang dilakukan komputer baik berupa transfer, pengolahan dan penyimpanan data, dilarang oleh Manusia, kemudian diformalkan dalam bentuk kode yang di fahami oleh mokroprosesor.

Kunpulan kode ini dibuat program. Seperti diperlihatkan pada gambar 2, Program tersebut dapat derdiri dari banyak level, mulai level terendah yang terhubung langsung dengan Haeware atau rangkaian digital, yaitu level program yang ditulis dengan Machine Code, sampai level tertinggi  yang berhubungan langsung dengan pemakai yaitu : Application Program, Bios, Basic Input Output System, yang ditahan pada EPROM dalam sebuah motherboard PC merupakan program yang ditulis dalam bahasa mesin, yang disiapkan untuk diskusi ketika pertama kali komputer dihidupkan. Program ini merupakan kendali pertama dari operasi sebuah PC.

Gambar level komponen hadware dan software komputer

Sejarah Komputer
Perjalanan sejarah komputer terdiri dari beberapa era, yaitu : ERA Mekanik (1600an - 1940an) dan ERA Elektronik (1945 - sekarang) Pada Era Mekanik Komputer atau Kalkulator mekanik, dirancang untuk mengurangi waktu kalkulator dan meningkatkan akurasi hasil perhitungan.

Pada masa ini, Komputer memiliki 2 (dua) kekurangan, yaitu: kecepatan operasiyang sangat dibatasi oleh momen inersia komponen, yaitu roda gir pul, serta berat, besar dan mahal sehingga kurang realistis. Beberapa tahapan selama Era Mekanik adalah sebagai berikut :

Wilhelm Schickhard (1623)
  • Astronom dan matematikawan
  • Tambah. kurang, kali dan bagi  secara otomatis
Blaise Pascal (1642)
  • Matimatikawan
  • Produksi massal pertama. 50 mesin
  • hanya dapat menambah dan menjumlah
  • Kali dan bagi masih mahal karena ukuranya harus besar
  • Ada masalah perawatan dan buruh pekerjanya
Gottfried Liebniz (1673)
  • Matematikawan dan Penemu
  • Meningkatkan kemampuan mesin Pascal
  • Operasi tambah, kurang, kali dan bagi 
  • Lebih kecil dan lebih cepat dari mesin Sohickhard
Charles Babbaga (1822)
  • Matematikawan
  • Bapak komputer modem 
  • Meneliti Teknikkalkulasi yang lebih akurat
  • Komputasi untuk tabel matematika
  • Melakukan operasi matematika selain tambah, kurang, bagi dan kali
  • Kartu berlubang untuk imput device
  • Penemu struktur modem, yaiu ALU, Storage dan Input/Output
  • Operasi tambah memakan waktu 1 detik, sedangkan operasi kali 1 menit
  • Masih ada masalah mekanik
George Boole (1847)
  • Penemu Aljabar Boolean
  • Penelitian huku-hukum logika digital
Herman Hollerith ( 1889)
  • Penemu mesin peluang kartu modem
  • Mendirikan perusahaan mesin Tabulasi, Cikal Bakal IBM 
  • Tampa tabulasi, sensus tahun 1880 memakan waktu 5 tahun, estime untuk sensus tahun 1890, 7,5 tahun, sensus tahun 1900, 1o tahun menjadi sekitar 2 bulan
Konrad Zuse (1938)
  • Membuat komputer menarik pertama, Z1. Bukan ALU seperti sebelum Babbage
  • Mesin Biner
  • Hotler tidak berminat untuk melanjutkan pengembangan Z1, karena perang Dunia kedua siap dimulai
Howard Aiken (1943)
  • Merancang Harvard Mark I dengan model Babbage
  • Dibuat oleh IBM
Sedangkan pada Era Elektronika, kekurangan yang terdapat pada ERA sebelumnya telah dapat diatasi dengan sangat baik. kecepatan operasi komputer sudah sangat tinggi, serta berat, ukuran dan harganya semakin minimal, ERA ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu :

Generasi Pertama (1945 - 1958)
ENIAC
  • Dikembangkan untuk kalkulasi penembakan senjata altileri
  • Dilarang oleh Mauchly dan Echert dari University of Pennsylvania
  • Sangat besar
  • 18.0000 tabung hampa
  • 70.000 resistor
  • 10.000 kapasitor
  • 6.000 awitohes
  • dimensi 30 x 50 kaki 
  • daya 140 kW
  • Menggunakan sistem desimal
  • Diprogram secara manual dengan secara setting sakiar
  • Mengambil ide ENIAC, kemudian menambahkan konsep meletakkan program dalam memori
  • Arsitektur Von Neuman dasar  arsitektur komputer modem
  • Keunggulannya :
  • Data dan Instruksi (program) disimpan dalam memory 
  • Eksekulasi berurutan atau sekuensial
Generasi kedua (1958 - 1964)
  • Tabung  Hampa diganti dengan Transistors
  • Bahasa tingkat tinggi  melengkapi bahasa Asembi
  • Operasi Floating Point dalam aritmatika

Generasi ketiga (1966 - 1974)
  • Rangkaian terintegrasi atau IC (Intergrated Circuita)
  • Semiconductor Memory
  • Microprograming
  • Multiprogramming
Generasi keempat (1974 - present)
  • LSI ( Larga Scale Integration dan VLSI (vERY Larga Scale Integration)
  • Single board computers
Generasi kimia (?- ?)
VLSI dan ULSI (Ultra Large Scale Integration)
Computer communicatione networks
Artiticial intelligance
Telah memanfaatkan pemproses secara paralel
Rambatan photon menggantikan rambatan elektron.

Tabel Ringkasan Perkembangan komputer elegtronik.














Arsitektur komputer
meskipun biasa dengan sebuah bangudan gedung, kata Arsitektur juga biasa dikatakan dengan bangunan sistem lain, misalnya bangunan sistem komputer, bangunan sistem informasi database dan lain-lain.Arsitektur merupakan dari struktur atau susunan, komponen dan fungsi atau peran, gambar meperlihatkan sruktur umum sebuah komputer dilihat mulai dari paling luas sampai level komponen gerbang digital terdiri dari transistor bipolar, FET atau MOSFET dan Resistor.

Gambar Stuktur Komputer dan Mikroposesor





















Seperti tampak pada gambar di samping struktur Global atau level pertama sebuah sistem komputer terdiri dari 4 komponen utama yaitu :
  • CPU (Central Processing Unit) Main Processor
  • Main Memory
  • Input / Output
  • Sistem Interkoneksi
Model ini telah diperkenalkan oleh Charles Babbage tahun 1882, dan tidak sebagai penyimpanan data sementara, sedangkan Input/Output beberapa sebagai tempat singgah informasi yang keluar dan masuk sistem komputer. ketiga komponen tadi, yaitu Prosesor, Memory, dan I/O dihubungkan satu sama lain dengan sistem interkoneksi.

Gambar Sistem Komputer dIBM PC
























Contoh realisasi arsitektur ini terlihat  pada gambar motherboard IMB PC Seperti terlihat pada gambar di atas ini terlihat Motherboard komputer ini mengandung 4 komponen utama yaitu :
  • CPU Mikrosesor yang terletak di bawah heatsink
  • Memory, baik pada EPROM maupun socket RAM
  • I/O, baik yang onbpard maupun yang diselipkan pada I/O slot expansion card
  • Sistem BUS yang menghubungkan semua bagian motherboard tersebut jika salah satu komponen sistem komputer tersebut di atas dirinci lebih jauh.
Maka akan tampak struktur pada level yang lebih rendah. Misalnya CPU atau prosesor, seperti terlihat pada gambar di atas ini, CPU atau prosesor tersusun atas 4 komponen yaitu :
  • Control Unit
  • Register
  • ALU (Arithmetic and Logic Unit)
  • Interkoneksi Intermal
Fungsi keempat komponen pada level kedua ini sama dengan fungsi komponen-komponen pada level di atasnya, yaitu level sistem komputer. tetap dengan skala atau kapalitas data dan kecepatanya yang berbeda.

Pada level berikutnya, misalnya kita ingin merinci isi Control Unit, akan terlihat bahwa komponenya ini tersusun atas 3 komponen yang lebih kecil yaitu :
  • Sequence Logic
  • Control Unit Memory
  • Control Unit Registar dan Decoder
Seguance Logic merupakan rangkaian digital yang digerakkan untuk mengatur ukuran perasi internal  CPU, sedangkan pengerakannya adalah program atau mikro program yang ditanam pada Control Unit Memory. Control Unit Register and Decoder berperan sebagai register tempat meletakkan dan menterjemahkan instruksi. Instruksi tersebut adalah salah satu intruksi yang dapat dipahami oleh pogram atau CPU tersebut diatas.

Ringkasnya Control Unit merupakan prosesor skala mini dengan kecepatan tinggi yang diprogram untuk mengendalikan CPU. sedangkan CPU merupakan prosesor yang diprogram untuk mengendalikan operasi sistem komputer.

Gambar Struktur Control Unit 























Oktober 02, 2015

0 comments:

Posting Komentar