Kamus Bahasa Hokkien | Belajar Bahasa Hokkien

Selasa, 14 November 2017

Kamus Bahasa Hokkien
Kali ini kita akan belajar tentang bahasasa Hokkien.
Kata Hokkien.
Sebenarnya, kebanyakan dari orang tionghua Jakarta/Medan sendiri kalau bicara menggunakan bahasa hokkien sering campur-campur dengan bahasa Indonesia. 

Isshh !!! paling males kalo gantung² kan? betul tiidak?
Nah, Jadi Ane mohon maaf jika ada bahasaya campur aduk dengan bahasa Indonesia ya  ✌ 
Karena kebanyakan orang Tionghua Jakarta baik Tionghua Medan atau biasa disebut dalam bahasa hokkien Tenlang/Tenang Lang ada yang tidak tau sebagian kata dalam hokkien.

Oke, kita langsung saja untuk menyimak isi kamus hokkien tersebut..
Dan semoga bermanfaat sama kita.
Kamus Bahasa Hokkien | Belajar Bahasa Hokkien
  • Zai Jian Artinya: Ucapan Perpisahan/ slesai bicara
  • Ciak pa liau Artinya: Udah makan/makan udah/makan sudah kenyang
  • Wa cin cia a lu! Artinya: Aku cinta banget sama kamu!
  • Lu ai wa bo? Artinya: Kamu cinta aku gak?
  • Lu mai, wa paksa Artinya: Kamu gk mau, Aku paksa
  • Lu sibuk kin bo Artinya: Kamu sibuk iya?
  • Wa Ali Lu,Lu ai wa pa bo Artinya: Aku cinta kamu, Kamu cinta gk sama aku☺
  • Sio sim Artinya: Hati2 di jalan ☺
  • Wa tui cui  Artinya: Aku pulang lagi ✌
  • Bo kamsia Artinya: Tidak, Terimakasih/Jagan sungkan 
  • Kamsia Artinya: Terimakasih
  • Kwei Artinya: Ayam
  • Kwei neng Artinya: Telur ayam
  • Boy kwei neng cepen Artinya: Beli telur ayam satu papan
  • Kui Tun Artinya: Berapa duit semua
  • Ai khun liau Artinya: Udah mau bobo
  • Cai Artinya: Sayur
  • Cap say Artinya: 10 sayur
  • Lang Artinya: Orang
Baja Juga : Belajar Bahasa Hokkien
  • Wa be khi Artinya: Saya mau pergi
  • Be Artinya: Mau/beli (Medan)
  • Khi Artinya: Pergi
  • Peik Artinya: Putih
  • Peik-peik (kayak kata kotor) Artinya: Putih-putih
  • Koko Artinya: Abang
  • Meme Artinya: Adik perempuan
  • Cece Artinya: Kakak
  • Apek Artinya: Paman
  • Akong Artinya: Kakek
  • Lu ciak pa boi Artinya: Kamu udah makan belum?
Baca juga : Pengertian Mediasi dan Jenisnya
  • Wa ciak pa boi Artinya: Aku belum makan
  • Wa aboi ciak Artinya: Aku belum makan
  • Wa khi cuh pang senk ya Artinya: Aku ke toilet dulu iya
  • Ai lu la Artinya: Cinta kamu loh
  • Boi cai Artinya: Belum tau
  • Tan khua senk Artinya: Ntar lihat dulu
  • Boi la Artinya: Belum lah
Baca Juga : Pengertian Valuta Asing dan Fungsinya
  • Ciak pa liau Artinya: Udah makan/makan udah/makan sudah kenyang
  • Wa cin cia a lu! Artinya: Aku cinta banget sama kamu!
  • Lu ai wa bo? Artinya: Kamu cinta aku gak?
  • Lu mai, wa paksa Artinya: Kamu gk mau, Aku paksa
  • Lu sibuk kin bo Artinya: Kamu sibuk iya?
  • Ciak kin Artinya:  Lagi makan
  • Boi ar Artinya: Belum lah
  • Wa uan liau Artinya: Aku sudah sampe
  • Tan wa ai khi be amplop Artinya: Ntar aku mau pergi beli amplop
  • Ciak hamik Artinya: Makan apa?
Artikel Lainya : Kamus Bahasa Hokkien Medan
  • Mai be ki ciak ya Artinya: Jangan lupa makan iya
  • Lu boi ciak? Artinya: Kamu belum makan
  • Cang ek Artinya: Mandi
  • Lu pha wa Artinya: Aku udah mau pukul kamu
  • Kin jit wa chi ce lo liau Artinya: Hari ini aku timbang naik satu kilogram sudah
  • Co ka si Artinya: Malu-maluin/Maklumlah
  • Bo ka si Artinya: Kurang Aj*r (maaf di sensor dikit) hehe! arep maklum ☺☺
  • Kui ku Artinya: Licik
  • No kiss for phai si kia Artinya: Tidak ada  kis buat anak nakal
  • Tan wa pha lu e lo Artinya: Ntar aku pukul kamu baru tahu rasa
  • Ai wa ceng ah? Artinya: Mau wa Tumbuk yeah?



November 14, 2017

4 comments: